Pengertian Reklame dan Ciri-Ciri Reklame
Tema : 4. Globalisasi
Subtema : 1. Globalisasi di Sekitarku
Pembelajaran 2 Muatan SBdP KD 3.1 dan 4.1
Pengertian Reklame dan Ciri-Ciri Reklame
Pernahkah kamu melihat papan reklame di jalan umum? Papan reklame banyak ditemukan di jalan raya dan biasanya ditempel di tembok atau tempat reklame yang sudah disediakan. Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang Iain. Tujuan reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik.
Reklame memiliki dua jenis berdasarkan tujuan pengadaannya, yaitu komersial dan nonkomersial. Reklame komersial adalah reklame yang sifatnya menawarkan barang atau produk, dan biasanya digunakan oleh para pedagang. Misalnya, mempromosikan kedai makanan. Reklame nonkomersial adalah reklame yang sifatnya mengajak orang Iain untuk berbuat sesuatu atau memberi anjuran yang baik. Misalnya, ajakan untuk menghemat energi listrik dan menanam pohon di halaman rumah.
Reklame dibedakan menjadi tiga
jenis berdasarkan medianya, yaitu:
1. reklame
audio, menggunakan media suara atau bunyi tertentu;
2. reklame
visual, menggunakan gambar, baik gambar diam maupun gambar bergerak; dan
3. reklame
audio visual, gabungan dari audio dan
visual
Ciri-ciri reklame, antara lain:
1. berisi
informasi, membujuk, atau mengajarkan masyarakat;
2. menggunakan
kata-kata yang menarik agar pembaca berminat dan tertarik;
3. terdapat
slogan di dalamnya. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat
oleh pembaca;
4. terdapat
gambar atau ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik; dan
5. tata letak
antara tulisan dan gambar terlihat rapi.
Contoh reklame adalah iklan, brosur, leaflet, poster, spanduk, billboard, baliho, banner, flyer, dan videotron.

Posting Komentar untuk "Pengertian Reklame dan Ciri-Ciri Reklame"