Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Reklame dan Ciri-Ciri Reklame

Tema         : 4. Globalisasi
Subtema   : 1. Globalisasi di Sekitarku
Pembelajaran 2                                                        Muatan SBdP KD 3.1 dan 4.1

Pengertian Reklame dan Ciri-Ciri Reklame

Pernahkah kamu melihat papan reklame di jalan umum? Papan reklame banyak  ditemukan di jalan raya dan biasanya ditempel di tembok atau tempat reklame yang sudah disediakan. Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang Iain. Tujuan reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik.

Reklame memiliki dua jenis berdasarkan tujuan pengadaannya, yaitu komersial dan nonkomersial. Reklame komersial adalah reklame yang sifatnya menawarkan barang atau produk, dan biasanya digunakan oleh para pedagang. Misalnya, mempromosikan kedai makanan. Reklame nonkomersial adalah reklame yang sifatnya mengajak orang Iain untuk berbuat sesuatu atau memberi anjuran yang baik. Misalnya, ajakan untuk menghemat energi listrik dan menanam pohon di halaman rumah.

Reklame dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya, yaitu:

1.      reklame audio, menggunakan media suara atau bunyi tertentu;

2.      reklame visual, menggunakan gambar, baik gambar diam maupun gambar bergerak; dan

3.      reklame audio visual, gabungan dari  audio dan visual


Ciri-ciri reklame, antara lain:

1.      berisi informasi, membujuk, atau mengajarkan masyarakat;

2.      menggunakan kata-kata yang menarik agar pembaca berminat dan tertarik;

3.      terdapat slogan di dalamnya. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat oleh pembaca;

4.      terdapat gambar atau ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik; dan

5.      tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi.

Contoh reklame adalah iklan, brosur, leaflet, poster, spanduk, billboard, baliho, banner, flyer, dan videotron.

Posting Komentar untuk "Pengertian Reklame dan Ciri-Ciri Reklame"